Hampir setiap perusahaan, organisasi, lembaga,
bahkan negara memiliki logo yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Dimana
logo itu sendiri dimaksudkan untuk memberikan gambaran
atau hanya sekedar sketsa, namun memiliki arti tertentu. Sehingga dengan logo
tersebut dapat mewakili arti dari suatu perusahaan atau organisasi. Disamping itu,
dengan logo nama suatu perusahaan atau organisasi dengan mudah dapat diingat. Begitu
juga dengan Google Inc.
Google yang
merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan
pada jasa dan produk internet itu sudah tujuh kali mengubah logonya. Perusahaan
yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini mengubah lagi logonya pada
tanggal 1 september 2015 pekan lalu.
Google mengubah
logonya pertama kali pada Oktober tahun 1998. Ruth Kedar, seorang desain grafis
yang mengubah logo Google pertama kali ini mengubah logo warna sebelumnya
dengan warna dasar. Disamping itu, perbedaan hurufnya juga terlihat jelas daripada
logo pertama kalinya. Selain itu, diakhir hurufnya ditambah dengan tanda seru
(!) yang agak mirip dengan logo Yahoo. Namun logo ini hanya bertahan satu
tahun.
Pada tanggal
6 Mei 2010, Google mengubah kembali logonya. Pada perubahan logo yang kedua
kalinya ini tidak terlihat jelas perbedaannya dengan logo sebelumnya. Karena masih
menggunakan huruf yang identik dengan huruf sebelumnya. Namun, huruf ”o”nya
lebih jingga daripada huruf ”o” sebelumnya yang lebih kekuningan. Selain itu,
juga ditambah dengan gaya bayangan halus dibelakang huruf google-nya.
Google mengubah
kembali logonya pada tanggal 19 September tahun 2013. Google mengubah logo
sebelumnya dengan logo datar (dua dimensi). Disamping itu, pewarnaannya juga sedikit
berubah. Dan bayangannya pun tidak terlihat jelas daripada logo
sebelumnya. Perubahan logo Google pada tahun 2013 mungkin menjadi perubahan
logo yang sulit dikenali, hal ini dikarenakan tidak banyak perubahan dari
bentuk fontnya, Google hanya mengubah logo yang semula nampak timbul menjadi
lebih flat.
Pada
tanggal 24 Mei 2014, logo Google diperbarui kembali. Huruf "g" kedua
dipindahkan ke kanan sejauh satu piksel dan huruf "l" dipindahkan ke
bawah dan kanan sejauh satu piksel.
Kemudian, pada hari senin tanggal 1 September
2015 (waktu setempat), Google mengubah logonya yang ketujuh kalinya. Sebagaimanaa
yang dikutip dari halaman blog perusahaannya, Tamar Yehoshua (Presiden Manajemen Produk Google) dan Bobby Nath (Direktur Pengalaman Pengguna
Google), menuliskan logo baru ini merupakan jawaban kebutuhan pengguna
terhadap Google pada lintas platform mulai dari ponsel pintar sampai dashboard di mobil. Pengguna mengakses Google dari berbagai jenis
perangkat.
Dalam doodle Google, kita akan
menyaksikan perubahan logo Google yang baru. Dimana sekarang logonya lebih tebal
dengan tampilan yang lebih segar.
Selain itu,
logo Google terbaru juga memperkenalkan ikon huruf 'g' yang sebelumnya berwarna
biru, diubah dengan ikon huruf ”G” Google yang berwarna-warni. Namun paduan warna-warnanya
masih tetap sama dengan warna logo Google sebelumnya yaitu menggunakan warna
dasar merah, kuning, hijau dan biru dengan tipe font sans-serif.
Sebagaimana
yang dilansir oleh theverge(do)com, Google menjelaskan bahwa mereka berharap
dengan perubahan pada logo Google yang baru, image Google bukan
sekedar situs yang hanya dikunjungi pengguna di dekstop komputer saja, namun
Google juga termasuk sebuah koleksi situs, aplikasi dan service yang bisa
diakses dari ponsel canggih, komputer maupun chromebooks dan Google kini lebih
ringan dengan ukuran 305 bytes jika dibandinkan dengan sebelumnya dengan logo
yang mencapai 14.000 bytes. Selain itu konsep kecil nan minimalis
ditengah-tengah layar putih masih di pegang erat oleh Google.
0 komentar:
Post a Comment