Arti dari perubahan logo Google

Hampir setiap perusahaan, organisasi, lembaga, bahkan negara memiliki logo yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Dimana logo itu sendiri dimaksudkan untuk memberikan gambaran atau hanya sekedar sketsa, namun memiliki arti tertentu. Sehingga dengan logo tersebut dapat mewakili arti dari suatu perusahaan atau organisasi. Disamping itu, dengan logo nama suatu perusahaan atau organisasi dengan mudah dapat diingat. Begitu  juga dengan Google Inc.
Google yang merupakan sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk internet itu sudah tujuh kali mengubah logonya. Perusahaan yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ini mengubah lagi logonya pada tanggal 1 september 2015 pekan lalu.

Google mengubah logonya pertama kali pada Oktober tahun 1998. Ruth Kedar, seorang desain grafis yang mengubah logo Google pertama kali ini mengubah logo warna sebelumnya dengan warna dasar. Disamping itu, perbedaan hurufnya juga terlihat jelas daripada logo pertama kalinya. Selain itu, diakhir hurufnya ditambah dengan tanda seru (!) yang agak mirip dengan logo Yahoo. Namun logo ini hanya bertahan satu tahun.
Pada tanggal 6 Mei 2010, Google mengubah kembali logonya. Pada perubahan logo yang kedua kalinya ini tidak terlihat jelas perbedaannya dengan logo sebelumnya. Karena masih menggunakan huruf yang identik dengan huruf sebelumnya. Namun, huruf ”o”nya lebih jingga daripada huruf ”o” sebelumnya yang lebih kekuningan. Selain itu, juga ditambah dengan gaya bayangan halus dibelakang huruf google-nya.
Google mengubah kembali logonya pada tanggal 19 September tahun 2013. Google mengubah logo sebelumnya dengan logo datar (dua dimensi). Disamping itu, pewarnaannya juga sedikit berubah. Dan bayangannya pun tidak terlihat jelas daripada logo sebelumnya. Perubahan logo Google pada tahun 2013 mungkin menjadi perubahan logo yang sulit dikenali, hal ini dikarenakan tidak banyak perubahan dari bentuk fontnya, Google hanya mengubah logo yang semula nampak timbul menjadi lebih flat.
Pada tanggal 24 Mei 2014, logo Google diperbarui kembali. Huruf "g" kedua dipindahkan ke kanan sejauh satu piksel dan huruf "l" dipindahkan ke bawah dan kanan sejauh satu piksel. 
 Kemudian, pada hari senin tanggal 1 September 2015 (waktu setempat), Google mengubah logonya yang ketujuh kalinya. Sebagaimanaa yang dikutip dari halaman blog perusahaannya, Tamar Yehoshua (Presiden Manajemen Produk Google) dan Bobby Nath (Direktur Pengalaman Pengguna Google), menuliskan logo baru ini merupakan jawaban kebutuhan pengguna terhadap Google pada lintas platform mulai dari ponsel pintar sampai dashboard di mobil. Pengguna mengakses Google dari berbagai jenis perangkat.
Dalam doodle Google, kita akan menyaksikan perubahan logo Google yang baru. Dimana sekarang logonya lebih tebal dengan tampilan yang lebih segar.
Selain itu, logo Google terbaru juga memperkenalkan ikon huruf 'g' yang sebelumnya berwarna biru, diubah dengan ikon huruf ”G” Google yang berwarna-warni. Namun paduan warna-warnanya masih tetap sama dengan warna logo Google sebelumnya yaitu menggunakan warna dasar merah, kuning, hijau dan biru dengan tipe font sans-serif.
Sebagaimana yang dilansir oleh theverge(do)com, Google menjelaskan bahwa mereka berharap dengan perubahan pada logo Google yang baru, image Google bukan sekedar situs yang hanya dikunjungi pengguna di dekstop komputer saja, namun Google juga termasuk sebuah koleksi situs, aplikasi dan service yang bisa diakses dari ponsel canggih, komputer maupun chromebooks dan Google kini lebih ringan dengan ukuran 305 bytes jika dibandinkan dengan sebelumnya dengan logo yang mencapai 14.000 bytes. Selain itu konsep kecil nan minimalis ditengah-tengah layar putih masih di pegang erat oleh Google.


Nama Anda
New Johny WussUpdated: 02:34

0 komentar:

Post a Comment

Kontak Kami

Powered by Blogger.

Welcome Guys

Search This Blog

Like Us

Advertisment

Followers

CB